Nggak Mau Mood Jelek? Jangan Langsung Cek Ponsel Setelah Bangun Tidur

Tak Mau Mood Jelek? Jangan Langsung Cek Ponsel Setelah Bangun Tidur
Foto: thinkstock

Banyak orang tidur dengan posisi ponsel di samping ranjang bahkan bantalnya. Belum lagi, setelah mata terbangun, hal pertama yang dilakukan sebelum beranjak dari tempat tidur yakni mengecek ponsel. Padahal, kebiasaan seperti itu berdampak buruk pada suasana hati alias mood seseorang.

Menurut psikolog di Cherry Hil, New Jersey, Joanna Kleinman, PhD ketika seseorang memeriksa ponselnya di pagi hari, maka secara tidak langsung ia merangsang pikirannya untuk melakukaan sebuah penilaian atau kritik. Baik email, pesan teks, atau pesan suara menurut Kleinman memaksa seseorang untuk menanggapi atau mengatur hal tersebut.

"Bahkan ketika Anda membuka halaman Facebook lalu melihat info terbaru tentang aktivitas teman Anda, bisa saja Anda membandingkan diri dengan kehidupan orang lain dan itu merangsang kecemburuan. Pastinya, hal itu tidak baik untuk kondisi spsikologis Anda bukan?" tutur Kleinman.

Kleinman tak menyangkal jika banyak orang merasa melihat ponsel setelah terbangun dari tidur membuat diri mereka lebih terjaga. Tapi sayangnya, kebiasaan seperti ini dikatakan Kleinman justru bisa membangkitkan inner critic seseorang. Inner critic terjadi ketika di dalam pikirannya, seseorang selalu menilai, menilai, dan mengevaluasi diri sendiri.

"Ketika Anda memulai hari dengan mendegarkan inner critic, maka tingkat stres akan naik. Otak pun mulai memproduksi hormon stres lalu tubuh meresppons. Jika sudah seperti itu, yang terjadi Anda tegang, gelisah, dan tekanan darah naik. Padahal aktivitas belum dimulai saat itu," lanjut Kleinman.

Untuk menghindari stres di pagi hari akibat mengecek ponsel, Kleinman menyarankan baiknya taruh ponsel di ruangan terpisah dari kamar tidur. Nah, ambillah ponsel tersebut untu mengecek segala info yang masuk setelah Anda mandi dan sarapan.

"Dengan begitu, Anda bisa siap menerima informasi dengan kondisi tubuh yang tenang dan berenergi. Kecuali jika memang bakal ada sesuatu yang penting, Anda bisa menyalakan nada dering ponsel lebih besar atau menaruh ponsel di kamar tidur," pungkas Kleinman
.
credits: healthdetik.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Check this handsome guy ;)

8 Pulau Surga di Indonesia

Quotes Inspiratif Selena Gomez yang Berpengaruh dalam Hidup Kita